Pengertian Komunikasi
Komunikasi dari bahasa inggris communication, sedangkan
dari bahasa latin communicatus berasal dari kata communis yang artinya berbagi
atau menjadi milik bersama.
Komunikasi menurut Ruben and Steward (1998:16)
“Human communication is the process trough which
individual-in relationships, group, organizations and societies-respond to and
create messages to adapt to the environment and one another”
Artinya:Komunikasi manusia adalah proses yang melibatkan
individu–individu dalam suatu hubungan, kelompok, organisasi dan masyarakat
yang merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu
sama lain
Beberapa
fungsi dari komunikasi antara lain sebagai berikut.
Ø Sebagai informasi
Ø Sebagai kendali
Ø Sebagai motivasi
Ø Sebagai pengungkapan emosional
Jenis Komunikasi
Kita mengenal 2 (dua) jenis atau kategori komunikasi.
a. Komunikasi lisan atau verbal, yaitu komunikasi menggunakan
kata-kata, baik hal itu diucapkan, maupun ditulis.
b.
Komunikasi nirkata
atau nonverbal, yaitu komunikasi menggunakan bahasa tubuh, bahasa gerak atau
gerak isyarat (gesture), atau gambar.
1. Pengertian
Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)
Komunikasi Daring adalah
cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan
atau melalui jaringan Internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu tersebut
lazim disebut komunikasi di dunia maya atau cyberspace.
Perkembangan pertama komunikasi daring
dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol yang
memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer
(Hafner & Lyon, 1996). Protokol tersebut dinamakan ARPANET, yang
diluncurkan pada tahun 1969, akhirnya berkembang menjadi Internet. Internet
berasal dari interconnectednetworks
yang disingkat menjadi Internetwork, atau Internet.
Komunikasi daring atau komunikasi virtual
adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan informasi atau
pesan dilakukan dengan menggunakan Internet, atau melalui dunia maya (cyberspace). Salah satu bentuk komunikasi
virtual adalah pada penggunaan Internet. Internet adalah media komunikasi yang cukup
efektif dan efisien dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti web, chatting (mIR chat, Yahoo Masanger, Gtalk, dll), e-mail, friendster, facebook dan twitter. Begitu banyak fasilitas yang ditawarkan dalam dunia maya
untuk melakukan komunikasi, dan keberadaannya semakin membuat manusia
tergantung pada teknologi. Ketergantungan tersebut dapat dilihat pada maraknya
penjualan ponsel dengan harga murah dan tawaran kelengkapan fasilitas untuk
mengakses Internet. Kegemaran berkomunikasi yang bermedia Internet ini
menimbulkan suatu komunitas baru yang disebut komunitas virtual.
2. Keunggulan dan Kelemahan Komunikasi Daring
Keunggulan
Komunikasi daring :
Ø Dapat
dilakukan kapan saja di mana saja
Ø Efisiensi
biaya
Ø Efisiensi
waktu
Ø Terintegrasi
dengan layanan TIK lainnya
Ø Meningkatkan
intensitas berkomunikasi
Ø Meningkatkan
partisipasi
Kelemahan
Komunikasi daring:
Ø Tidak
mewakili emosi pengguna: intonasi bicara, raut muka, gerakan tubuh, merupakan
hal yang relatif sulit untuk dipahami melalui komunikasi daring.
Ø Memerlukan
perangkat khusus: dalam pelaksanaannya, komunikasi daring memerlukan adanya hardware, software.
Ø Terlalu
banyak informasi yang tidak penting: dalam komunikasi daring, seringkali
informasi yang didapat menjadi terlalu banyak, sehingga membuat bingung si
penerima.
Ø Menyita
konsentrasi: melakukan komunikasi daring tidak pada tempat dan waktu yang
tepat, dapat mengabaikan atau menunda hal yang lain, bahkan membahayakan orang
lain maupun diri sendiri.
3. Jenis komunikasi daring ada 2 yaitu :
a. Komunikasi
daring sinkron (serempak)
Komunikasi
daring serempak atau komunikasi daring sinkronadalah komunikasi menggunakan
komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time).
Contoh
komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut:
Ø Text chat (Text Chatting)
Text
chat
adalah sebuah fitur, perangkat lunak, atau program dalam jaringan Internet
untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai Internet yang
sedang daring (yang sama - sama sedang menggunakan Internet).
Ø Video chat (Video Chatting)
Video
chat
merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang
berbeda. Video
chatting dapat berupa interaksi point-to-point (satu-satu)
b. Komunikasi
daring asinkron (tak serempak)
Komunikasi
daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat
komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual,
serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.
4. Komponen Pendukung Komunikasi Daring
a. Komponen
perangkat keras (hardware)
Perangkat
yang bentuknya dapat dilihat ataupun diraba oleh manusia secara langsung atau
berbentuk nyata.
b. Komponen
perangkat lunak (software)
Program
komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki.
Program diperlukan sebagai penjembatan antara perangkat akal (brainware) dengan perangkat keras (hardware).
c. Komponen
perangkat nalar atau akal (brainware)
Manusia yang terlibat dalam penggunaan serta
pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi
daring.
5.
Program
untuk Akses Internet
1) Internet Explorer
Internet explorer disingkat
IE merupakan suatu program aplikasi browser web bawaan dari program windows XP.
Internet explorer dibuat oleh Microsoft corporation, pada saat instalasi
operating system (OS) windows akan secara otomatis terinstal.
Keunggulan IE
a. Tidak perlu menginstal
software IE
a. Konektivitas
stabil
b. Support
untuk kegiatan apapun
c. Jarang
terjadi error.
Kekurangan IE yaitu koneksi
lambat dalam download file, browsing, surfing, upload di internet dan tidak
memiliki faslitas tab. Langkah – lagkah memulai program aplikasi IE yaitu Start
à All
program à
Internet Explorer. Atau klik ganda pada Internet Explorer.
2) Mozila Firefox
Mozila Firefox merupakan suatu program aplikasi untuk browsing
internet yang dikembangkan melalui opensource. Program aplikasi ini pertama
kali dikembangkan untuk system operasi berbasis linux. Namun lambat laun
seiring dengan perkembangannya, program aplikasi untuk web browser ini juga
digunakan untuk system operasi windows. Browser Firefox besutan Mozilla.org ini
disukai banyak pengguna di seluruh dunia, karena Firefox hadir dalam bentuk
platform yang kompatibel dengan berbagai system operasi, seperti platform
windows, platform linux, platform Mac, dll.
3) Opera
Opera dalam tampilan
lebih modern dari pada internet explorer dan mozila firefox. Keunggulan dapat
membuat menu tab baru dalam satu jendela yang sama. Kecepatan untuk mengakses
internet cukup tinggi, dan kekurangannya tidak stabil sistem yang dimiliki
opera sering terjadi masalah dalam mengakses situs tertentu seperti blogger.
Supported yang disertakan masih memiliki kekurangan, sehingga sering terjadi
error/not completed result, didalam mengakses situs tertentu.
6.
Memahami
Alamat Internet dan Hyperlink
1) Alamat
internet (Domain name)
Alamat internet (domain
name) atau alamat sebuah web biasanya disebut URL (Uniform Resource Locatior) dan terdiri dari 4 bagian, contoh : Http://www.ilmukomputer.com pembagiannya terdiri dari :
a. Http (hypertext transfer protocol) menunjukkan nama protocol
(protocol adalah aturan-aturan atau
standar yang membuat komputer dapat saling berbagi informasi)
b. Www (word wide web) menunjukkan lokasi dari situs
c. IlmuKomputer menunjukkan nama organisasi yang mengatur situs
d. Com menunjukkan sebuah akhiran yang mengidentifikasikan
jenis dari organisasi. (contohnya .com untuk sebuah organisasi komersial)
Ketika kita akan
mengetikan alamat internet contohnya seperti Http://www.facebook.com kedalam Address Bar
dan klik Go atau menekan Enter, maka isi informasi institusi facebook aka
muncul dalam workspace. Informsasi yang
muncul sering disebut situs web (website).
2) Hyperlink
Hyperlink atau link
biasanya berupa teks yang berwarna berbeda, bergaris bawah atau berada dalam
kotak (tombol). Jika teks tersebut di klik maka kita bisa langsung terhubung
dengan halaman web lainnya dan kita bisa mengetahui bahwa teks tersebut aktif
(link) karena jika melewatkan pointer mouse diatasnya, pointer itu berubah
menjadi pointing finger.
7. Penjabaran Jenis komunikasi daring
a. Bentuk Komunikasi Daring Sinkron
Komunikasi serempak atau sinkron adalah
penggunaan komputer untuk berkomunikasi dengan individu lainnya pada waktu yang
sama melalui bantuan perangkat lunak. Salah satu contoh dari komunikasi
langsung adalah text chat, video chat, video conference, dll.
Layanan text
chat memungkinkan
pengguna untuk berkomunikasi menggunakan text dengan pengguna lainnya.
Perbedaan mendasar antara text chat dengan
e-mail adalah sifat text chat yang merupakan komunikasi sinkron,
memastikan pesan yang dikirim akan dibaca saat itu juga jika pengguna lainnya
sedang daring (online). Contoh
layanan text chatantara lain gtalk, yahoo messenger, facebook chat,
dll. Terdapat juga layanan text chatyang
berbasis perangkat genggam seperti whatsapp,
line, kakao talk, dll.
Video
conference merupakan layanan video
chatyang dilakukan secara antarpribadi antara 3 orang atau lebih (multipoint) dengan beberapa layanan
tambahan seperti berbagi layar, papan tulis, dll. Beberapa layanan video chatdapat juga digunakan untuk video conference, antara lain skype, google+ hangout,bigbluebutton, Cisco
webex.
Terdapat berbagai layanan video call dan
video conference yang telah tersedia. Beberapa contohnya antara lain: Skype,
Bigbluebutton, Cisco Webex, Google+ hangout, Umeetme. Setiap layanan video call
dan video conference tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
8. Tata Krama Komunikasi sinkron
Terdapat
beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan komunikasi sinkron agar
tidak terjadi kesalah pahaman.
Beberapa contoh tatakrama dalam komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut.
a) Gunakanlah
nama asli dan lokasi Anda. Dalam video
conference, kita akan diminta untuk memasukkan nama pengguna, dengan
menggunakan nama asli dan lokasi Anda (andre_padang). Hal ini akan memudahkan
pengguna lain untuk mengetahui siapa yang sedang berbicara.
b) Sebelum
dimulai, cek perlengkapan audio Anda, pastikan semua peserta dapat mendengar
suara Anda.
c) Jika
Anda sedang menggunakan mikrofon, carilah lingkungan yang tenang, jangan sampai
ada suara di sekitar Anda mengganggu jalannya konferensi. Jangan lupa
menonaktifkan mikrofon Anda jika sedang tidak digunakan.
d) Saat
Anda dipersilakan berbicara, teruslah berbicara. Jangan berhenti untuk bertanya
seperti “kedengaran tidak?” atau semacamnya. Jika terdapat masalah teknis,
peserta lain akan menginformasikannya.
e) Fokus
pada diskusi, jangan melakukan aktivitas lain ketika sedang melaksanakan video conference.
9. Tata krama (etiket) Komunikasi Asinkron
Komunikasi
merupakan kegiatan yang melibatkan dua atau lebih orang, sehingga perlu
diperhatikan tata cara
serta tata krama (etiket) dalam
melakukannya. Hal tersebut menjadi makin penting dalam tata krama berkomunikasi daring, karena kedua
belah pihak tidak bertemu langsung, sehingga lebih rentan terhadap terjadinya salah
paham.
Beberapa
contoh tata krama (etiket) dalam
menuliskan informasi atau pesan antara lain sebagai berikut.
a) Gunakanlah bahasa yang baik dan
sopan. Bedakan pemilihan kata sesuai hubungan Anda dengan penerima pesan. Saat
berkirim pesan pada Guru atau atasan, gunakan bahasa yang formal. Saat berkirim
pesan pada teman, Anda dapat menggunakan bahasa yang lebih santai.
b) Tidak menggunakan jenis huruf(Font) yang beragam.
Gunakanlah Font standar, dengan ukuran yang standar. Karena penggunaan Fontyang
beragam akan menyulitkan pembacaan dan melelahkan mata
c)
Kejelasan
penulisan subjek, gunakanlah subjek yang dapat langsung dimengerti oleh
penerima e-mail Anda.
d)
Perhatikan
penerima CC, dan perhatikan juga penerima BCC e-mail Anda. Dianjurkan
untuk mengirim CC ataupun BCC berdasarkan hak membaca e-mail
tersebut.
e) Segera menanggapi pesan yang
diterima. Beritahukanlah terlebih dahulu jika Anda membutuhkan waktu tambahan
untuk membalas pesan.
f)
Tidak
meneruskan pesan yang tidak penting. Tidak semua orang menyukai lelucon atau
gambar yang Anda kirimkan.
10.
Bentuk Komunikasi Daring Asinkron: e-mail
Komunikasi daring tak serempak atau
komunikasi asinkron adalah
komunikasi menggunakan perangkat komputer dan jaringan Internet yang dilakukan
secara tunda. Jenis komunikasi asinkron antara lain e-mail, forum, blog, jejaring sosial (social network) dan website.Di
dalam buku ini, hanya akan dibahas penggunaan e-mail sebagai salah satu bentuk komunikasi asinkron. Alamat e-mail
merupakan bagian dari identitas di dunia maya. Hampir seluruh layanan daring
mensyarat-kan kepemilikan e-mail untuk dapat mengakses layanan tersebut.
E-mail
singkatan dari electronic-mail yang
berarti surat elektronik disingkat surel. Lebih khusus, e-mail adalah cara pengiriman data, file teks, foto digital, file
audio, dan video dari satu komputer ke komputer lainnya dalam jaringan
Internet.
Keuntungan dan Kelemahan E-mail
Keuntungan adalah : Nyaman, Cepat, Murah, Hemat sumber daya, Reliable, Global, Memungkinkan pengiriman berformat
multimedia.
Kelemahan e-mail adalah :
a. Salah kirim, jika kita mengirim e-mail yang sifatnya
rahasia dan kesalahan pengetikan alamat e-mail tujuan maka rahasia itu akan
diketahui orang lain
b. Rawan penyadapan, dapat disadap oleh orang, jangan
mengirim e-mail yang sifatnya rahasia
c. Ahli computer, adanya pemalsuan identitas,
hati-hatilah dengan pengiriman e-mail yang tidak tahu betul identitas
d. Respon terlambat, karena yang anda kirim e-mail jarang
melihat e-mail dalam computer maka memungkinkan balasan anda terlambat dan
mungkin tidak terbaca.
Etika Penulisan E-mail
1. Jangan terlalu banyak mengutip
2. Jangan gunakan CC
3. Perlakukan e-mail secara pribadi
4. Jangan gunakan format HTML
5. Jangan gunakan huruf capital
6. Jawaban secara masuk akal
7. Jangan membicarakan orang lain
8. Jangan mengirim lampiran terlalu besar
11.
Membuat alamat e-mail G-mail
a. Bukalah
Internet browser à isi address bar
ketikkan “gmail.com” dan tekan tombol
enter.
b. Kemudian
setelah halaman gmail.com terbuka, klik tombol “BUAT AKUN”.
c. Isilah
formulir :
§ Pada
“Pilih nama pengguna Anda” isilah
sesuai dengan nama pengguna yang diinginkan.
§ Klik
“Buat sandi” dan ketikkan kata sandi
(password) yang ingin Anda gunakan.
§ Pada
bagian/kolom kode verifikasi (captcha = Completely Automated Public Turing test to tell
Computers and Humans Apart),k
d. Setelah
berhasil, klik tombol “Langkah berikutnya”.
e. Untuk
menambahkan foto profil pada akun Gmail yang telah Anda buat, klik tombol
“Tambahkan Foto Profil”, Jika Anda bermaksud mengabaikan bagian ini dan
langsung menuju ke langkah selanjutnya, Anda cukup menekan tombol “Langkah berikutnya”.
f. Klik
tombol “Pilih foto dari komputer pengguna”.
Kemudian melalui window “browse”, pilih foto yang ingin Anda
jadikan sebagai foto profil di komputer pengguna. Namun jika ingin mengambil
foto profil melalui webcam, Anda dapat melakukannya dengan menekan
tombol “Kamera Web”.
g. Klik
tombol “Tetapkan sebagai foto profil” à Klik
tombol “Langkah berikutnya”
h. Klik
tombol “Lanjutkan ke Gmail” maka akan
ditampilkan muncul halaman berikut.
Atau cara lain dengan e-mail yahoo
-
Buka progam
aplikasi internet
-
Isi di address bar
www.mail.yahoo.com atau www.yahoo.com
-
Klik buat akun
baru atau create new account
-
Isi formulir
pendaftaran (isi nama depan, nama belakang, Nama Pengguna, Kata sandi,
tgl,bln,tahun lahir, jenis kelamin, no. Tlp)
-
Klik buat akun
atau create account
Tidak ada komentar:
Posting Komentar