Breaking News

Sabtu, 20 September 2014

materi digital kelas xi


Pengertian Komunikasi

Komunikasi dari bahasa inggris communication, sedangkan dari bahasa latin communicatus berasal dari kata communis yang artinya berbagi atau menjadi milik bersama.
Komunikasi menurut Ruben and Steward (1998:16)
“Human communication is the process trough which individual-in relationships, group, organizations and societies-respond to and create messages to adapt to the environment and one another”
Artinya:Komunikasi manusia adalah proses yang melibatkan individu–individu dalam suatu hubungan, kelompok, organisasi dan masyarakat yang merespon dan menciptakan pesan untuk beradaptasi dengan lingkungan satu sama lain
Beberapa fungsi dari komunikasi antara lain sebagai berikut.
Ø Sebagai informasi
Ø Sebagai kendali
Ø Sebagai motivasi
Ø Sebagai pengungkapan emosional

Jenis Komunikasi

Kita mengenal 2 (dua) jenis atau kategori komunikasi.
a.   Komunikasi lisan atau verbal, yaitu komunikasi menggunakan kata-kata, baik hal itu diucapkan, maupun ditulis.
b.   Komunikasi nirkata atau nonverbal, yaitu komunikasi menggunakan bahasa tubuh, bahasa gerak atau gerak isyarat (gesture), atau gambar.

1.   Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)

 Komunikasi Daring adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan Internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu tersebut lazim disebut komunikasi di dunia maya atau cyberspace.
Perkembangan pertama komunikasi daring dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan protokol yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi atau pesan melalui komputer (Hafner & Lyon, 1996). Protokol tersebut dinamakan ARPANET, yang diluncurkan pada tahun 1969, akhirnya berkembang menjadi Internet. Internet berasal dari interconnectednetworks yang disingkat menjadi Internetwork, atau Internet.
Komunikasi daring atau komunikasi virtual adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan informasi atau pesan dilakukan dengan menggunakan Internet, atau melalui dunia maya (cyberspace). Salah satu bentuk komunikasi virtual adalah pada penggunaan Internet. Internet adalah media komunikasi yang cukup efektif dan efisien dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti web, chatting (mIR chat, Yahoo Masanger, Gtalk, dll), e-mail, friendster, facebook dan twitter. Begitu banyak fasilitas yang ditawarkan dalam dunia maya untuk melakukan komunikasi, dan keberadaannya semakin membuat manusia tergantung pada teknologi. Ketergantungan tersebut dapat dilihat pada maraknya penjualan ponsel dengan harga murah dan tawaran kelengkapan fasilitas untuk mengakses Internet. Kegemaran berkomunikasi yang bermedia Internet ini menimbulkan suatu komunitas baru yang disebut komunitas virtual.

2.   Keunggulan dan Kelemahan Komunikasi Daring

Keunggulan Komunikasi daring :
Ø Dapat dilakukan kapan saja di mana saja
Ø Efisiensi biaya
Ø Efisiensi waktu
Ø Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya
Ø Meningkatkan intensitas berkomunikasi
Ø Meningkatkan partisipasi
Kelemahan Komunikasi daring:
Ø Tidak mewakili emosi pengguna: intonasi bicara, raut muka, gerakan tubuh, merupakan hal yang relatif sulit untuk dipahami melalui komunikasi daring.
Ø Memerlukan perangkat khusus: dalam pelaksanaannya, komunikasi daring memerlukan adanya hardware, software.
Ø Terlalu banyak informasi yang tidak penting: dalam komunikasi daring, seringkali informasi yang didapat menjadi terlalu banyak, sehingga membuat bingung si penerima.
Ø Menyita konsentrasi: melakukan komunikasi daring tidak pada tempat dan waktu yang tepat, dapat mengabaikan atau menunda hal yang lain, bahkan membahayakan orang lain maupun diri sendiri.

3.   Jenis komunikasi daring ada 2 yaitu :

a.   Komunikasi daring sinkron (serempak)

Komunikasi daring serempak atau komunikasi daring sinkronadalah komunikasi menggunakan komputer sebagai media, yang terjadi secara serempak, waktu nyata (real time).
Contoh komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut:
Ø Text chat (Text Chatting)
Text chat adalah sebuah fitur, perangkat lunak, atau program dalam jaringan Internet untuk berkomunikasi dan bersosialisasi langsung sesama pemakai Internet yang sedang daring (yang sama - sama sedang menggunakan Internet).
Ø Video chat (Video Chatting)
Video chat merupakan teknologi untuk melakukan interaksi audio dan video secara real time antara pengguna di lokasi yang berbeda. Video chatting dapat berupa interaksi point-to-point (satu-satu)

b.   Komunikasi daring asinkron (tak serempak)

Komunikasi daring tak serempak atau asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan dilakukan secara tunda. Contoh komunikasi daring asinkron adalah e-mail, forum, rekaman simulasi visual, serta membaca dan menulis dokumen daring melalui World Wide Web.

4.   Komponen Pendukung Komunikasi Daring

a.   Komponen perangkat keras (hardware)
Perangkat yang bentuknya dapat dilihat ataupun diraba oleh manusia secara langsung atau berbentuk nyata.
b.   Komponen perangkat lunak (software)
Program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan yang dikehendaki. Program diperlukan sebagai penjembatan antara perangkat akal (brainware) dengan perangkat keras (hardware).
c.   Komponen perangkat nalar atau akal (brainware)
Manusia yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan perangkat lunak dan perangkat keras untuk melaksanakan komunikasi daring.
5.   Program untuk Akses Internet
1)  Internet Explorer
Internet explorer disingkat IE merupakan suatu program aplikasi browser web bawaan dari program windows XP. Internet explorer dibuat oleh Microsoft corporation, pada saat instalasi operating system (OS) windows akan secara otomatis terinstal.
Keunggulan IE
a. Tidak perlu menginstal software IE          
a.   Konektivitas stabil
b.   Support untuk kegiatan apapun
c.   Jarang terjadi error.
Kekurangan IE yaitu koneksi lambat dalam download file, browsing, surfing, upload di internet dan tidak memiliki faslitas tab. Langkah – lagkah memulai program aplikasi IE yaitu Start à All program à Internet Explorer. Atau klik ganda pada Internet Explorer.
2)  Mozila Firefox
Mozila Firefox merupakan suatu program aplikasi untuk browsing internet yang dikembangkan melalui opensource. Program aplikasi ini pertama kali dikembangkan untuk system operasi berbasis linux. Namun lambat laun seiring dengan perkembangannya, program aplikasi untuk web browser ini juga digunakan untuk system operasi windows. Browser Firefox besutan Mozilla.org ini disukai banyak pengguna di seluruh dunia, karena Firefox hadir dalam bentuk platform yang kompatibel dengan berbagai system operasi, seperti platform windows, platform linux, platform Mac, dll.
3)  Opera
Opera dalam tampilan lebih modern dari pada internet explorer dan mozila firefox. Keunggulan dapat membuat menu tab baru dalam satu jendela yang sama. Kecepatan untuk mengakses internet cukup tinggi, dan kekurangannya tidak stabil sistem yang dimiliki opera sering terjadi masalah dalam mengakses situs tertentu seperti blogger. Supported yang disertakan masih memiliki kekurangan, sehingga sering terjadi error/not completed result, didalam mengakses situs tertentu.
6.   Memahami Alamat Internet dan Hyperlink
1)  Alamat internet (Domain name)
Alamat internet (domain name) atau alamat sebuah web biasanya disebut URL (Uniform Resource Locatior) dan terdiri dari 4 bagian, contoh : Http://www.ilmukomputer.com pembagiannya terdiri dari :
a.   Http (hypertext transfer protocol) menunjukkan nama protocol (protocol adalah aturan-aturan atau standar yang membuat komputer dapat saling berbagi informasi)
b.   Www (word wide web) menunjukkan lokasi dari situs
c.   IlmuKomputer menunjukkan nama organisasi yang mengatur situs
d.   Com menunjukkan sebuah akhiran yang mengidentifikasikan jenis dari organisasi. (contohnya .com untuk sebuah organisasi komersial)
Ketika kita akan mengetikan alamat internet contohnya seperti Http://www.facebook.com kedalam Address Bar dan klik Go atau menekan Enter, maka isi informasi institusi facebook aka muncul dalam workspace. Informsasi yang muncul sering disebut situs web (website).
2)  Hyperlink
Hyperlink atau link biasanya berupa teks yang berwarna berbeda, bergaris bawah atau berada dalam kotak (tombol). Jika teks tersebut di klik maka kita bisa langsung terhubung dengan halaman web lainnya dan kita bisa mengetahui bahwa teks tersebut aktif (link) karena jika melewatkan pointer mouse diatasnya, pointer itu berubah menjadi pointing finger.

 

7.   Penjabaran Jenis komunikasi daring

a.   Bentuk Komunikasi Daring Sinkron

Komunikasi serempak atau sinkron adalah penggunaan komputer untuk berkomunikasi dengan individu lainnya pada waktu yang sama melalui bantuan perangkat lunak. Salah satu contoh dari komunikasi langsung adalah text chat, video chat, video conference, dll.
Layanan text chat memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi menggunakan text dengan pengguna lainnya. Perbedaan mendasar antara text chat dengan e-mail adalah sifat text chat yang merupakan komunikasi sinkron, memastikan pesan yang dikirim akan dibaca saat itu juga jika pengguna lainnya sedang daring (online). Contoh layanan text chatantara lain gtalk, yahoo messenger, facebook chat, dll. Terdapat juga layanan text chatyang berbasis perangkat genggam seperti whatsapp, line, kakao talk, dll.
Video conference merupakan layanan video chatyang dilakukan secara antarpribadi antara 3 orang atau lebih (multipoint) dengan beberapa layanan tambahan seperti berbagi layar, papan tulis, dll. Beberapa layanan video chatdapat juga digunakan untuk video conference, antara lain skype, google+ hangout,bigbluebutton, Cisco webex.
Terdapat berbagai layanan video call dan video conference yang telah tersedia. Beberapa contohnya antara lain: Skype, Bigbluebutton, Cisco Webex, Google+ hangout, Umeetme. Setiap layanan video call dan video conference tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

8.   Tata Krama Komunikasi sinkron

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan komunikasi sinkron agar tidak terjadi kesalah pahaman. Beberapa contoh tatakrama dalam komunikasi sinkron antara lain sebagai berikut.
a)   Gunakanlah nama asli dan lokasi Anda. Dalam video conference, kita akan diminta untuk memasukkan nama pengguna, dengan menggunakan nama asli dan lokasi Anda (andre_padang). Hal ini akan memudahkan pengguna lain untuk mengetahui siapa yang sedang berbicara.
b)   Sebelum dimulai, cek perlengkapan audio Anda, pastikan semua peserta dapat mendengar suara Anda.
c)   Jika Anda sedang menggunakan mikrofon, carilah lingkungan yang tenang, jangan sampai ada suara di sekitar Anda mengganggu jalannya konferensi. Jangan lupa menonaktifkan mikrofon Anda jika sedang tidak digunakan.
d)   Saat Anda dipersilakan berbicara, teruslah berbicara. Jangan berhenti untuk bertanya seperti “kedengaran tidak?” atau semacamnya. Jika terdapat masalah teknis, peserta lain akan menginformasikannya.
e)   Fokus pada diskusi, jangan melakukan aktivitas lain ketika sedang melaksanakan video conference.

9.   Tata krama (etiket) Komunikasi Asinkron

Komunikasi merupakan kegiatan yang melibatkan dua atau lebih orang, sehingga perlu diperhatikan tata cara serta tata krama (etiket) dalam melakukannya. Hal tersebut menjadi makin penting dalam tata krama berkomunikasi daring, karena kedua belah pihak tidak bertemu langsung, sehingga lebih rentan terhadap terjadinya salah paham.
Beberapa contoh tata krama (etiket) dalam menuliskan informasi atau pesan antara lain sebagai berikut.

a)   Gunakanlah bahasa yang baik dan sopan. Bedakan pemilihan kata sesuai hubungan Anda dengan penerima pesan. Saat berkirim pesan pada Guru atau atasan, gunakan bahasa yang formal. Saat berkirim pesan pada teman, Anda dapat menggunakan bahasa yang lebih santai.

b)   Tidak menggunakan jenis huruf(Font) yang beragam. Gunakanlah Font standar, dengan ukuran yang standar. Karena penggunaan Fontyang beragam akan menyulitkan pembacaan dan melelahkan mata

c)   Kejelasan penulisan subjek, gunakanlah subjek yang dapat langsung dimengerti oleh penerima e-mail Anda.

d)   Perhatikan penerima CC, dan perhatikan juga penerima BCC e-mail Anda. Dianjurkan untuk mengirim CC ataupun BCC berdasarkan hak membaca e-mail tersebut.

e)   Segera menanggapi pesan yang diterima. Beritahukanlah terlebih dahulu jika Anda membutuhkan waktu tambahan untuk membalas pesan.

f)    Tidak meneruskan pesan yang tidak penting. Tidak semua orang menyukai lelucon atau gambar yang Anda kirimkan.

10.                Bentuk Komunikasi Daring Asinkron: e-mail

Komunikasi daring tak serempak atau komunikasi asinkron adalah komunikasi menggunakan perangkat komputer dan jaringan Internet yang dilakukan secara tunda. Jenis komunikasi asinkron antara lain e-mail, forum, blog, jejaring sosial (social network) dan website.Di dalam buku ini, hanya akan dibahas penggunaan e-mail sebagai salah satu bentuk komunikasi asinkron. Alamat e-mail merupakan bagian dari identitas di dunia maya. Hampir seluruh layanan daring mensyarat-kan kepemilikan e-mail untuk dapat mengakses layanan tersebut. 
E-mail singkatan dari electronic-mail yang berarti surat elektronik disingkat surel. Lebih khusus, e-mail adalah cara pengiriman data, file teks, foto digital, file audio, dan video dari satu komputer ke komputer lainnya dalam jaringan Internet.
Keuntungan dan Kelemahan E-mail
Keuntungan adalah : Nyaman, Cepat, Murah, Hemat sumber daya, Reliable, Global, Memungkinkan pengiriman berformat multimedia.
Kelemahan e-mail adalah :
a.   Salah kirim, jika kita mengirim e-mail yang sifatnya rahasia dan kesalahan pengetikan alamat e-mail tujuan maka rahasia itu akan diketahui orang lain
b.   Rawan penyadapan, dapat disadap oleh orang, jangan mengirim e-mail yang sifatnya rahasia
c.   Ahli computer, adanya pemalsuan identitas, hati-hatilah dengan pengiriman e-mail yang tidak tahu betul identitas
d.   Respon terlambat, karena yang anda kirim e-mail jarang melihat e-mail dalam computer maka memungkinkan balasan anda terlambat dan mungkin tidak terbaca.
Etika Penulisan E-mail

1.   Jangan terlalu banyak mengutip      
2.   Jangan gunakan CC
3.   Perlakukan e-mail secara pribadi     
4.   Jangan gunakan format HTML
5.   Jangan gunakan huruf capital          
6.   Jawaban secara masuk akal
7.   Jangan membicarakan orang lain    
8.   Jangan mengirim lampiran terlalu besar

11.                Membuat alamat e-mail G-mail

a.   Bukalah Internet browser à isi address bar ketikkan “gmail.com” dan tekan tombol enter.
b.   Kemudian setelah halaman gmail.com terbuka, klik tombol “BUAT AKUN”.
c.   Isilah formulir :
§  Pada “Pilih nama pengguna Anda” isilah sesuai dengan nama pengguna yang diinginkan.
§  Klik “Buat sandi” dan ketikkan kata sandi (password) yang ingin Anda gunakan.
§  Pada bagian/kolom kode verifikasi (captcha = Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart),k
d.   Setelah berhasil, klik tombol “Langkah berikutnya”.
e.   Untuk menambahkan foto profil pada akun Gmail yang telah Anda buat, klik tombol “Tambahkan Foto Profil”, Jika Anda bermaksud mengabaikan bagian ini dan langsung menuju ke langkah selanjutnya, Anda cukup menekan tombol “Langkah berikutnya”.
f.    Klik tombol “Pilih foto dari komputer pengguna”. Kemudian melalui windowbrowse”, pilih foto yang ingin Anda jadikan sebagai foto profil di komputer pengguna. Namun jika ingin mengambil foto profil melalui webcam, Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol “Kamera Web”.
g.   Klik tombol “Tetapkan sebagai foto profil à Klik tombol “Langkah berikutnya
h.   Klik tombol “Lanjutkan ke Gmail” maka akan ditampilkan muncul halaman berikut.

Atau cara lain dengan e-mail yahoo
-       Buka progam aplikasi internet
-       Isi di address bar www.mail.yahoo.com atau www.yahoo.com
-       Klik buat akun baru atau create new account
-       Isi formulir pendaftaran (isi nama depan, nama belakang, Nama Pengguna, Kata sandi, tgl,bln,tahun lahir, jenis kelamin, no. Tlp)
-       Klik buat akun atau create account

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Anda Pengunjung Ke

Designed By VungTauZ.Com